Empal Kelem Ati Ampela


9 Ramadhan 1437 H

Beberapa hari lalu, saya baca blognya mbak Diah Didi, terus lihat salah satu resep yaitu Empal Kelem Ati. Saya tertarik banget sama menu ini, selera saya banget hihihi... Kalo mbak Diah Didi bahan utamanya ati sapi, kalo saya ati ayam aja hihihi... yang murah... 

Resep asli Empal Kelem Ati bisa dilihat disini

Mbak Diah Didi menulis, kalau masakan ini adalah masakan khas Semarang. Citarasa Jawa Tengah kan lengkap banget, ada manisnya, ada gurihnya, pas banget di lidah saya... hihihi

Akhirnya, saya cobalah resepnya Mbak Diah Didi ini... makasih mbak Diah Didi udah menginspirasi saya.... 

Berikut resep empal kelem ati ayam yang saya buat kemarin, sedikit saya modifikasi

Resep Empal Kelem Ati Ayam

Bahan :

  • 5 buah ati ayam (ati ayam kampung lebih enak), cuci bersih, lumuri dengan jeruk nipis, rebus ati ayam dengan potongan jahe, lengkuas, serai, kunyit, daun salam, daun jeruk dan sedikit garam agar ati ayam tidak amis
  • 500 ml santan kental
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 1 ruas jahe, geprek
  • 1 batang serai, geprek
  • 1/2 bulatan gula jawa
  • garam sesuai selera
  • sejumput gula pasir
  • 1 sdm kecap manis
Bumbu halus :
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/4 sdt merica
Cara Membuat :
  1. Tumis bumbu halus beserta daun salam, daun jeruk, lengkuas, jahe, dan serai hingga harum
  2. Masukan ati ayam yang telah direbus, aduk rata
  3. Masukan santan dan bumbu lainnya kecuali kecap, tes rasa ya
  4. Aduk terus pelan - pelan agar santan tidak pecah, tambahkan kecap manis, masak kembali hingga kuah menyusut, angkat
  5. Siap disajikan untuk lauk 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar